this blog hope to help the lovers of sports, especially football to get news about the latest football.

Kamis, 11 Juni 2009

'Piala Dunia Kecil' Dimulai

Delapan negara jawara masing-masing konfederasi akan bertarung dalam ajang Piala Konfederasi yang dimulai pekan depan. Inilah "Piala Dunia Kecil", sebelum hajatan akbarnya kick off tepat setahun dari hari ini.

Awalnya, Piala Konfederasi merupakan sebuah turnamen yang dilangsungkan di Arab Saudi dengan nama King Fahd Cup. Setelah digelar dua kali pada tahun 1992 dan 1995, FIFA kemudian mengambil alih kejuaraan tersebut dan menamainya dengan Piala Konfederasi mulai tahun 1997.

Meski semula digelar setiap dua tahun, Piala Konfederasi mulai tahun 2005 dihelat sekali dalam empat tahun sebelum Piala Dunia di negara yang nantinya jadi tuan rumah kompetisi sepakbola terakbar tersebut. Dan tahun ini, Afrika Selatan akan menjamu tujuh negara lainnya sebelum kedatangan 31 negara tamu tahun depan.

Walau jumlah negara partisipannya tidak banyak, Piala Konfederasi tak bisa dianggap sebagai kompetisi tanpa gengsi karena yang terlibat adalah tim papan atas di masing-masing benua. Ada Afrika Selatan, Irak, Selandia Baru dan Spanyol tergabung di Grup A. Tiga negara yang disebut belakangan adalah juara di masing-masing konfederasi.

Sementara di Grup B malah lebih sengit karena ada sang juara dunia, Italia, kampiun Copa Amerika, Brasil, jawara Piala Afrika, Mesir, serta penguasa Zona CONCACAF, Amerika Serikat.

Spanyol, Brasil dan Italia jadi unggulan teratas dalam turnamen yang akan dilangsungkan mulai 14 hingga 28 Juni mendatang. Khusus untuk "Tim Matador", kemenangan 6-0 atas Azerbaijan kemarin membawa mereka menjalani 32 pertandingan berturut tanpa terkalahkan.

"Ini merupakan kesempatan besar untuk menyatukan seluruh pemain dalam kondisi yang tidak biasa dan sebagai juara Eropa kami punya reputasi yang harus dipertahankan," ungkap pelatih Spanyol, Vicente del Bosque seperti diberitakan Reuters.

"Tak seorangpun pemain saya pernah ke Afrika sebelumnya, dan kami pindah ke negara yang bersuhu dingi, sebuah perubahan dibanding Spanyol yang panas. Itu akan menjadi ujian karakter buat kami," sambung mantan pembesut Real Madrid itu.

Kalau Spanyol ingin lebih memadukan skuadnya demi menyambut Piala Dunia, maka tuan rumah menggunakan ajang yang sama untuk banyak berbenah. Dalam setahun ke belakang performa Bafana-Bafana mengalami penurunan drastis.

"Saya butuh waktu lebih banyak bersama tim ini. Tapi saya gembira dengan konsentrasi yang pemain berikan; sekarang kami mulai menunjukkan kemajuan," ungkap pelatih Afrika Selatan kelahiran Brasil, Joel Santana.

Kontestan Piala Konfederasi
Grup A: Afrika Selatan, Irak, Selandia Baru, Spanyol
Grup B: Amerika Serikat, Italia, Brasil, Mesir

Jadwal Pertandingan Grup A
Minggu (14/6), Johannesburg, Afrika Selatan v Irak
Minggu (14/6), Rustenburg Selandia Baru vs Spanyol
Rabu (17/6), Bloemfontein, Spanyol v Irak
Rabu (17/6), Rustenburg, Afrika Selatan v Selandia Baru
Sabtu (20/6), Johannesburg, Irak v Selandia Baru
Sabtu (20/6), Bloemfontein Spanyol v Afrika Selatan

Jadwal Pertandingan Grup B
Senin (15/6), Bloemfontein, Brasil v Mesir
Senin (15/6), Pretoria, AS v Italia
Kamis (18/6), Pretoria, AS v Brasil
Kamis (18/6), Johannesburg, Mesir v Italia
Minggu (21/6), Pretoria, Italia v Brasil
Minggu (21/6), Rustenburg, Mesir v AS

sumber : http://www.detiksport.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar