this blog hope to help the lovers of sports, especially football to get news about the latest football.

Kamis, 04 Juni 2009

Barca & United, Puncaki Ranking IFFHS


Barcelona dan Manchester United mendapat berkah atas keberhasilannya menembus babak final Liga Champions musim ini. Kedua tim raksasa Eropa tersebut pun berhak menempati posisi teratas dalam ranking IFFHS (International Federation of Football History & Statistics), periode 1 Juni 2008 - 31 Mei 2009.

Daftar ranking tim yang dirilis IFFHS kali ini memang cukup mengherankan. Pasalnya, sejumlah orang memprediksi Barca pantas berada di daftar teratas setelah sukses mencatat sejarah dengan merebut Treble Winners. Namun, keberhasilan United yang juga merengkuh treble memaksa El Barca berbagi posisi puncak daftar dengan perolehan poin sama yakni 315.

Secara keseluruhan, tim-tim asal Premier League memang masih mendominasi daftar tim terbaik dunia versi IFFHS, tahun ini. Chelsea yang kalah dramatis dari Barca di semifinal LC menempati urutan ketiga dengan perolehan poin 276. Kendati gagal ke semifinal LC, Liverpool berhasil mengemas 248 poin berhasil duduk di peringkat empat, atau unggul tipis atas semifiinalis lainnya Arsenal di tempat kelima dengan raihan 247 poin.

Hasil mengecewakan diraih rival utama Barcelona, Real Madrid. Los Blancos yang pada tahun sebelumnya berhasil duduk di posisi 25, harus terperosok ke urutan 39. Klub asal Ibukota Spanyol itu bahkan kalah bersaing dengan rival sekotanya Atletico Madrid yang sukses menduduki peringkat 24.

Situasi serupa juga dialami tim-tim elit Italia yang gagal menembus 10 besar daftar tim terbaik. Kejutan terjadi saat Juventus tampil sebagai tim terbaik dari Italia setelah menduduki peringkat 12. Bianconerri sukses menungguli jawara Serie A Inter Milan yang hanya duduk di posisi 13.

Sementara satu tim lain, AC Milan yang baru saja ditinggalkan pelatihnya Carlo Ancelotti dan terancam kehilangan maestro andalannya Ricardo Kaka harus puas menempati urutan 36. Rossoneri yang selama dua musim ke depan akan ditangani mantan pemainnya, Leonardo Araujo bahkan terpaut tujuh tingkat dari AS Roma yang mampu menempati posisi 29 daftar tim terbaik versi IFFHS, tahun ini.

Berikut daftar Ranking tim-tim terbaik dunia versi IFFHS:
1. (2.) Barcelona (Spain) - 315 poin
- (1.) Manchester United (England) - 315 poin
3. (3.) Chelsea (England) - 276 poin
4. (6.) Liverpool (England) - 248 poin
5. (5.) Arsenal (England) - 247 poin
6. (10.) Shakhtar Donetsk (Ukraine) - 245.5 poin
7. (7.) Dynamo Kiev (Ukraine) - 234.5 poin
8. (11.) Estudiantes (Argentina) - 232 poin
9. (8.) Hamburger SV (Germany) - 228 poin
10. (16.) Gremio (Brazil) - 222 poin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar